Dari mana datangnya sumber kebahagiaan? Kebanyakan dari kita sudah menyadari bahwa uang bukanlah sumber kebahagiaan, tapi tentunya lebih nyaman berkendaraan mobil daripada motor terutama di saat musim hujan!

Lalu dari mana sumber kebahagiaan itu?

Dari pelaksanaan praktek meditasi decara terus menerus dan berkelanjutan, kita akan menyadari bahwa sumber kebahagiaan itu tidak ain ada dalam pikiran kita sendiri. Bukan dan luar pikiran kita. Kekayaan material, uang maupun harta adalah hal-hal yang diluar pikiran kita dan hal-hal ini tidak bisa memberikan kebahagiaan secara kekal kepada pikiran kita. Cepat atau lambat pikiran akan beralih pada hal yang lain, dan beranggapan bahwa hal-hal material tersebut tidaklah memberikan kepuasan.

Kebahagiaan ada dalam pikiran kita, dan hal ini dapat dibantu kondisi tubuh kita yang merasa nyaman. Apabila seseorang tidak merasa nyaman dengan kondisi tubuhnya, makan pikirannya akan terganggu. Misalnya, seseorang menyadari bahwa ia memiliki tubuh yang gemuk. Dan ia menyadari bahwa pikirannya tidak menyukai kondisi tubuh dengan bentuk yang gemuk, karena dianggapnya tubuh ini kurang indah. Seperti itulah mulai benih kebahagiaan itu akan menghilang.

Ketika kita merasa tidak nyaman dengan tubuh kita, maka kita harus mencari tau apa yang dapat kita lakukan agar kita bisa kembali merasa nyaman dengan tubuh kita. Dan melaksanakan hal-hal dalam hidup yang membuat tubuh kita nyaman.

Kebanyakan orang hidup dengan mendengarkan opini orang lain tentang dirinya. Bukan opini dirinya sendiri. Bahkan beberapa dari mereka merasa tidak pantas memiliki opininya sendiri. Apabila seseorang hidup dengan cara ini, maka ia tidak akan menemukan kebahagiaan yang sejati dalam hidupnya.

Kebahagiaan yang sejati adalah kejujuran. Kejujuran pikiran, ucapan dan perbuatan. Seluruhnya dilaksanakan dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Pikiran tidak bisa dibohongi. Meditasi adalah langka pertama untuk mengetahui pikiran itu sendiri.

Untuk pertanyaan dan konsultasi lebih lanjut, silahkan email ke awakeningbali@gmail.com

Published by viawijaya

What is the meaning of life if each of the experience is just shallow experience? ~ Only if we can see the truth in the nature of our human life, thus we will understand the meaning of life ~ This is the purpose of our practice. This blog is dedicated for readers who what to improve themselves in their personal journey to find freedom and happiness.

%d bloggers like this: