Depresi adalah sebuah kondisi dimana seseorang memikirkan satu objek pikiran dengan konten yang sama. Dan konten yang sama tersebut selalu muncul, dan tenggelam, kemudian muncul lagi dengan konten yang sama. Konten yang sama dan terus-menerus muncul dalam pikiran, akan menjadi sulit bagi pikiran untuk melepaskas objek tersebut.

Proses pikiran yang alamiah adalah ketika sebuah objek dengan konten tertentu muncul, kemudian objek tersebut menghilang, diikuti dengan objek pikiran dengan konten yang lain, kemudian tenggelam lagi, kemudian objek pikiran dengan konten berbeda muncul dan tenggelam dan seterusnya. Apabila objek pikiran berubah-ubah dan aktif, itulah yang menjadi karakter pikiran secara natural atau alamiah.

Kesulitannya adalah apabila sebuah objek pikiran dibarengi dengan konten yang menyulut emosi atau perasaan yang mana emosi atau perasaan tersebut memiliki intensitas yang tinggi, misalnya menyebabkan kesakitan hati atapun kesenangan hati yang belebihan. Objek pikiran dengan konten yang berlebih ini, lebih membekas dalam pikiran dan akan lebih sering muncul secara terus-menerus, dan sulit untuk diproses atau diterima realitanya.

Objek pikiran yang memiliki intensitas emosional tinggi ini haruslah diekspresikan secara jujur dan terbuka, agar kemudian tubuh dan pikiran bisa memahami realita yang terjadi, sehingga pikiran bisa menurunkan intensitas emosi tersebut ada standar yang lebih dapat diterima oleh pikiran.

Untuk pertanyaan dan konsultasi lebih lanjut, silahkan email ke awakeningbali@gmail.com

Published by viawijaya

What is the meaning of life if each of the experience is just shallow experience? ~ Only if we can see the truth in the nature of our human life, thus we will understand the meaning of life ~ This is the purpose of our practice. This blog is dedicated for readers who what to improve themselves in their personal journey to find freedom and happiness.

%d bloggers like this: