Kebahagiaan tidak dapat dipisahkan dengan ketenangan batin. Ketika batin berada dalam kondisi yang tenang dan damai maka kebahagiaan akan lebih mudah muncul. Sedangkan ketika pikiran terganggu dan ketenangan batin terusik, maka kebahagiaan akan jauh dari jangkauan.

Pertanyaan pertama kepada diri sendiri adalah: “Apakah tujuan utama hidup saya?” ketika pertanyaan ini muncul, maka akan lebih mudah untuk pikiran bisa menanggapi. Namun, bagi beberapa orang, tujuan hidup mereka sepertinya telah “ter-rencana sejak dini”. Hal-hal seperti ini wajib dikaji ulang, sehingga makna hidup kita benar-benar sesuai dengan yang kita harapkan.

– hati yang tenang bagai air tak ber-riak –

Selama di sekolah, kita tidak pernah diajarkan mengenai ketenangan batin, keculi mungkin dalam pelajaran agama. Namun begitu, ketenangan batin menjadi kunci utama agar pikiran kita bisa lebih fokus dan tenang. Beberapa alasan utama bahwa kita wajib memperhatikan ketenangan batin antara lain:

  1. Hidup kita ditentukan oleh kita sendiri. Kita yang menentukan hidup seperti apa yang akan kita jalani, bukan orang lain, bukan dokter maupun therapist yang menentukan hidup kita. Kita sendiri yang harus mengambil tanggung jawab tersebut.
  2. Waktu dan kematian datang tanpa peringatan. Kita tidak tahu sampai kapan hidup kita akan kita jalani di dunia ini. Untuk itu, bila kita ingin bahagia, maka kita haus bahagia mulai hari ini.
  3. Ketenangan batin yang kita miliki akan terpancar dari cara hidup kita. Cara hidup yang didasarkan pada ketenangan batin akan memberikan banyak kebaikan bagi sekitar kita. Keluarga dan lingkungan kita pun akan ikut berbahagia apabila kita bahagia.

Belum terlambat bagi kita untuk mendapatkan kebahagiaan. Kebahagiaan ini adalah sebuah kewajiban yang harus kita bentuk dalam diri kita sendiri. Kebahagiaan dan ketenangan batin tidak dapat diberikan oleh orang lain kepada kita. Kita yang harus memberikan hal-hal ini kepada diri kita sendiri.

Untuk pertanyaan dan konsultasi lebih lanjut, silahkan email ke awakeningbali@gmail.com

Published by viawijaya

What is the meaning of life if each of the experience is just shallow experience? ~ Only if we can see the truth in the nature of our human life, thus we will understand the meaning of life ~ This is the purpose of our practice. This blog is dedicated for readers who what to improve themselves in their personal journey to find freedom and happiness.

%d bloggers like this: