Pelatihan yoga sendiri mencakupi kategori yang luas dalam kehidupan manusia. Peradaban yoga sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dan telah dipelajari secara mendalam dan membuktikan bahwa yoga memberikan dampak positif pada kehidupan manusia. Beberapa jenis yoga yang masih dipelajari sampai hari ini antara lain:

Raja yoga, yaitu pengetahuan dasar yang berasal dari pembelajaran “8 cabang” atau “8-limbs” atau “8-fold path” yoga Patanjali. Hal ini menyangkut pembelajaran yang wajib dijalankan oleh seluruh praktisi yoga yaitu: yama dan niyama yaitu pengetahuan etika kedalam dan keluar diri, asana yaitu pengetahuan olah gerak tubuh dan sikap, pranayama yaitu pengetahuan olah pernapasan, kemudian selanjutnya pratyahara, dharana, dhyana dan samadhi adalah pengetahuan olah pikiran dan batin. Pengetahuan Raja yoga menjadi dasar pelatihan yang kemudian menjadi dasar pengembangan yoga lainnya.

Jnana yoga, yaitu pengetahuan yoga yang bertujuan untuk kearifan, kebijaksanaan, kewibawaan, ketajaman dan kecerdasan pikiran. Proses pelatihan Jnana yoga bertujuan untuk meningkatkan kualitas fokus dan konsentrasi pikiran, sehingga seseorang dapat mengarahkan pikiran pada satu objek tanpa terganggu dengan konten pikiran lain.

Hatha yoga, yaitu pengetahuan sistem pelatihan yang dibuat untuk memurnikan tubuh fisik, agar manusia bisa hidup dalam umur yang panjang. Di dunia modern, seperti sekarang, banyak praktisi yang mengembangkan Hatha yoga menjadi jenis atau kategori yoga lainnya, misalnya aerial yoga, acro yoga, yin yoga, dance yoga, vinyasa yoga, power yoga, bikram yoga, yoga berpasangan, yoga untuk kehamilan, yoga untuk anak, dsb. Tujuan Hatha yoga pada dasarnya adalah untuk memperkuat tubuh fisik, otot dan tulang, sehingga seluruh sistem dan sirkulasi tubuh dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

– yoga untuk anak –

Bhakti yoga, yaitu pengetahuan yoga yang bertujuan untuk menanamkan pembaktian, kecintaan, ketaatan sebagai jalan untuk pemurnian pikiran dari kekotoran batin.

Kundalini yoga, yaitu pembelajaran yoga yang bertujuan untuk memberikan kebebasan ekspresi batin dengan tujuan agar pikiran dapat terbebas dari belenggu atau keterbatasan.

Integral yoga, adalah kategori pelatihan yoga yang mengadaptasi budaya india kuno. Biasanya yoga model ini memiliki paten yang tegas dan wajib diikuti dengan seksama oleh para praktisinya.

Mantra yoga, yaitu yoga yang mempelajari transformasi suara dan bunyi, diperkenalkan oleh Papa Ramdas pada tahun 70an. Mantra yoga kemudian banyak dikembangkan dengan integrasi instrumen atau alat musik dan nyanyian mantra. Mantra yoga kemudian juga dikenal sebagai sound healing, sound bath atau sound meditation.

Keseluruhan kategori yoga diatas pada dasarnya sudah dipelajari sejak ribuan tahun yang lalu dan dikenal sebagai pembelajaran Tantra yoga atau Tantric practice. Banyak jalan atau pendekatan dari pembelajaran tantra ini, terutama di dunia bagian timur. Apakah yoga ada hubungannya dengan hal-hal berbau klenik?

Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi awakeningbali@gmail.com

Published by viawijaya

What is the meaning of life if each of the experience is just shallow experience? ~ Only if we can see the truth in the nature of our human life, thus we will understand the meaning of life ~ This is the purpose of our practice. This blog is dedicated for readers who what to improve themselves in their personal journey to find freedom and happiness.

One reply on “Jenis Yoga”

Comments are closed.

%d bloggers like this: